Fungsi Teknologi Informasi

Fungsi Teknologi Informasi

Fungsi Teknologi Informasi

Tentunya adanya teknologi informasi memiliki fungsi penting. Tidak mungkin bahwa dengan adanya teknologi informasi tidak berpengaruh penting dalam kehidupan. Setidaknya terdapat enam fungsi teknologi informasi yaitu Menangkap (Capture), Menyimpan (Storage), Mengolah (Processing), Transmisi (Transmission), Mencari Kembali (Retrieval), Menghasilkan (Generating). Berikut ini terdapat penjabaran dari keenam fungsi teknologi informasi adalah :

  • Menangkap (Capture)

    Menangkap disini dapat diartikan sebagai menginput. Misalnya, menerima inputan dari mic, keyboard, scanner, dan lain sebagainya. Fitur Capturing mungkin juga sudah tidak asing ketika Anda memakainya untuk menyimpan informasi tertentu.

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pengolah (Processing)

    Fungsi teknologi informasi ini mengkompilasikan catatan rinci aktivitas, misalnya menerima input dari keyboard, scanner, mic dan sebagainya. Dengan adanya Processing Anda akan lebih mudah mengolah file maupun data Anda.

  • Mengolah atau memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi.

    Pengolahan atau pemrosesan data dapat berupa konversi (pengubahan data ke bentuk lain), analisis (analisis kondisi), perhitungan (kalkulasi), sintesis (penggabungan) segala bentuk data dan informasi. Dengan Adanya Fungsi ini pasti akan lebih memudahkan User

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Menghasilkan (Generating)

    Fungsi generating adalah dimana teknologi berperan sebagai alat untuk mengorganisasikan suatu informasi ke dalam sebuah bentuk yang lebih terarah dan mudah dipahami. slot bonus 100 to 3x  Contoh sederhananya adalah grafik dan table.

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Penyimpan (storage)

    Fungsi teknologi informasi ini merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya saja disimpan ke harddisk, tape, disket, CD (compact disc) dan sebagainya.

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pencari Kembali (Retrieval)

    Fungsi teknologi informasi ini menelusuri, mendapatkan kembali informasi atau menyalin data dan informasi yang sudah tersimpan, misalnya mencari supplier yang sudah lunas dan sebagainya. Adakalanya data yang tersimpan sulit untuk ditemukan karena terlalu penuh dengan adanya fungsi ini dapat memudahkan user serta menghemat waktu juga.

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Transmisi (Transmission)

    Fungsi teknologi informasi ini mengirim data dan informasi dari suatu lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalnya saja mengirimkan data penjualan dari user A ke user lainnya. Sehingga kita tidak perlu menyalin satu persatu cukup dengan saling sharing saja.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan Teknologi Informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Jadi dapat dikatakan karena dibutuhkannya pemecahan masalah, membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan diciptakannya teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan kata lain, karena sangat solusi, kreativitas, efektivitas dan efisiensi dibutuhkan dalam sebuah sistem kerja maka teknologi informasi ini kemudian diciptakan.

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat teknologi informasi dalam aktivitas sehari-hari sangat penting. Manfaat ini bisa digunakan sebagai penunjang kehidupan yang lebih baik dikarenakan ada teknologi informasi yang bisa membantu aktivitas menjadi lebih efektif dan efisien. Manfaat ini dapat digolongkan berdasarkan kebutuhannya seperti :

 

  • Untuk Pendidikan

    Dengan adanya teknologi informasi di dunia pendidikan terutama komputer, membuat siswa lebih efektif dalam belajar. Komputer adalah sarana yang memudahkan dalam menumbuhkan kreativitas siswa Sekaligus sumber informasi.

  • Untuk Industri dan Manufaktur

    Teknologi informasi dapat membantu membuat rancangan desain sebuah produk yang akan dikeluarkan pada industri serta bisa mengontrol mesin produksi dengan ketepatan yang baik. Apalagi seperti yang kita ketahui industri membutuhkan hal yang cepat untuk produksi dalam jumlah besar.

  • Untuk Bisnis dan Perbankan

    Dengan teknologi informasi bisa membantu dalam transaksi, menyimpan berkas dengan lebih aman dan sistem perbankan yang lebih maju. Serta akses nya dapat dikontrol dengan mudah cukup dengan teknologi saja.

  • Untuk Militer

    Dengan teknologi informasi yang maju, bisa dimanfaatkan untuk navigasi pada kapal selam, mengendalikan pesawat luar angkasa dengan kemudi atau tanpa kemudi. Dengan adanya teknologi Militer juga dapat membuat suatu akses ketika berada dikeadaan genting.

  • Untuk Teknik dan Pengetahuan

    Teknologi informasi bisa digunakan dalam mempelajari struktur tanah, angin dan juga cuaca. Dan bisa membantu dalam menghitung. Saat ini akses ilmu pengetahuan pun bertebaran dimana-mana dan dapat di akses dengan mudah cukup dengan jaringan internet. Begitupun dalam bidang Teknik dan proyek-proyek tertentu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Tips Menggunakan Illustrator

Tips Menggunakan IllustratorTips Menggunakan Illustrator

Tips Menggunakan Illustrator – Adobe Illustrator adalah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk membuat gambar, ilustrasi, dan karya seni menggunakan komputer Windows atau MacOS. Adobe Illustrator   awalnya dirilis pada tahun 1987 dan terus diperbarui secara berkala. Sekarang, software tersebut disertakan sebagai bagian dari Adobe Creative Cloud. Adobe Illustrator banyak digunakan oleh desainer grafis, desainer web, seniman visual, dan ilustrator profesional di seluruh dunia untuk membuat karya seni berkualitas tinggi. Illustrator menyediakan banyak alat menggambar canggih yang dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat ilustrasi.

Siapa pun, terlepas dari kemampuan artistik atau komputernya, dapat menggunakan Illustrator untuk menggambar bentuk dan garis, membuat teks, atau mengimpor grafik dan gambar.Fungsi Adobe Illustratorbisa untuk melakukan tata letak sebuah buku, membuat halaman web, dan masih banyak lagi.

Tips Menggunakan Illustrator

Kuasai Bezier Tool

Salah satu alat yang paling sering digunakan ketika Anda menggunakan Adobe Illustrator adalah Bezier Tool. Alat ini mirip dengan pensil dan digunakan untuk membuat bentuk, menggambar garis, dan membuat fondasi karya ilustrator.

Alat ini juga yang sering menjadi hambatan bagi para desainer, terutama bagi mereka yang baru menggunakan Illustrator. Tapi percayalah, dengan mempelajari cara mengontrol Bezier Tool, akan sangat membantu dalam perjalanan Anda untuk menguasai software ini.

Pelajari Shortcuts

Ada ratusan shortcuts yang ada di Adobe Illustrator, banyak di antaranya akan menghemat waktu Anda dan menjadikan proses pembuatannya jadi jauh lebih menyenangkan. Dilansir dari qualitylogoproducts.com, shortcuts ini biasanya digunakan sebagai cara untuk mempercepat proses, tetapi yang lebih penting lagi, shortcuts tersebut membuka kemampuan tersembunyi dari alat program.

Fitur Align

Alat Illustrator’s Align adalah seperangkat perintah khusus yang berguna untuk membantu Anda menyesuaikan karya seni Anda. Ini bisa sangat membantu ketika bekerja dalam tata letak yang sudah ada sebelumnya atau ketika Anda membutuhkan jarak yang tepat dan merata dalam proyek Anda yang sudah selesai. Saat mengakses alat Align, Anda dapat menemukannya di menu drop down Window sebagai “Align.” Ini akan membuka bilah alat dengan serangkaian perintah bergambar yang dapat Anda gunakan untuk menyelaraskan objek dan mendistribusikan objek.

Cara Export

Ketika Anda baru saja menyelesaikan sebuah karya dan ingin menyimpannya, beberapa orang mungkin akan memanfaatkan Illustrator Photoshop untuk melakukannya. Padahal, ada cara yang lebih baik untuk mengekspor hasil karya Anda di Adobe Illustrator untuk mempertahankan kualitasnya.

Karakteristik Keunikan Alat Musik Tradisional (Gamelan)Karakteristik Keunikan Alat Musik Tradisional (Gamelan)

Karakteristik Keunikan Alat Musik – Gamelan merupakan alat musik tradisional yang terkenal di Indonesia. Bukan hanya Starlight Princess dikenal oleh bangsa Indonesia sendiri, tapi alat musik tradisional yang satu ini sudah mendunia. Karya senin gamelan mendapatkan banyak pengaruh dari budaya asing yang ada di luar Nusantara. Gamelan terdiri dari sejumlah alat musik.

1. Saron

Saron merupakan salah satu dari seperangkat alat musik gamelan. Termasuk instrumen pukul karena cara membunyikannya dengan cara dipukul (ditabuh). Dilihat dari segi akustiknya saron termasuk instrumen idiophone karena sumber suara berasal dari alat itu sendiri.

Ada tiga macam jenis saron

  • Saron demung yang berwujud besar, suaranya besar dan rendah
  • Saron ricik yang bersuara sedang
  • Saron peking yang berbentuk kecil, suaranya melengking kecil atau tinggi

2. Rebab

Rebab merupakan salah satu bagian dari alat musik baccarat online gamelan. Rebab hampir terdapat diseluruh Indonesia. Misalnya DKI Jakarta menamakan rebab sebagai tehyan. Rebab dibunyikan dengan cara digesek.

3. Gender

Gender merupakan link slot server singapore jenis musik gamelan yang cara membunyikannya dengan cara dipukul. Alat ini terbuat dari bahan logam (besi, perunggu, atau kuningan) untuk bilahnya, untuk badannya dari kayu, dan untuk bumbungnya dari bahan bambu.

4. Musik Kolintang

Musik kolintang merupakan alat musik Tradisional dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Musik ini berjenis idiophone, yaitu instrumen yang ditabuh atau diketuk. Musik kolintang termasuk musik perkusi melodis. Tangga nada yang dipakai adalah diatonis yang mampu membawakan lagu jenis minor dan mayor serta mampu membawakan berbagai macam lagu dengan berbagai macam nada dan irama, contohnya lagu-lagui daerah.

5. Gambang Kromong

Gambang kromong nerukan group musik jenis orkes yang merupakan perpaduan (campuran) musik gamelan Barat (Eropa) dengan menggunakan tangga nada pentatonis Tionghoa. Gambang kromong adalah musik tradisional khas betawi.

6. Musik Angklung

Angklung merupakan musik tradisional atau musik daerah dari Jawa Barat atau daerah Sunda. Seluruh instrumen (alat musik) ini dibuat dari bahan bambu. Angklung digolongkan sebagai alat mausik slot server thailand paling gacor yang mengeluarkan bunyi atau nada dari “badannya sendiri” bila dipukul atau disentuh. Contoh alat musik idiofon lain adalah gong, tamborin, gambang, gender, saron, bonang, triangel, dan kendang atau gendang drum.

Inilah contoh beberapa Karakteristik Keunikan Alat Musik

3 Tips Memilih Headset yang Bagus

3 Tips Memilih Headset yang Bagus3 Tips Memilih Headset yang Bagus

3 Tips Memilih Headset yang Bagus

3 Tips Memilih Headset yang Bagus – Seperti diketahui, di masa lalu, teknologi bluetooth memang masih belum begitu canggih. Namun, tidak berlaku untuk saat ini, dengan teknologi aptX HD terbaru, bluetooth kini mampu mentransmisikan audio High Definition (HD) dari ponsel cerdas Anda ke headset nirkabel tanpa kehilangan transmisi atau distorsi.Tidak ada kompresi data yang terjadi disini, seperti halnya dengan versi bluetooth yang lebih lama. Kualitas audio akan sama dengan headset berkabel mana pun dan bahkan justru bisa mengungguli headset berkabel.

Karena tidak membutuhkan banyak kabel atau bahkan beberapa produk justru tidak memiliki kabel sama sekali, membuat headset bluetooth cenderung lebih ringan, simpel, dan nyaman saat dipakai di telinga.Selain itu, didukung dengan adanya teknologi bluetooth yang mampu menghubungkan dengan perangkat secara stabil hingga jarak puluhan kaki, membuat aktivitas Anda tidak akan terganggu dan terbatasi.

3 Tips Memilih Headset yang Bagus

Headset bluetooth juga dinilai lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan headset berkabel. Karena, pada headset berkabel terdapat kawat yang terbalut rapi dengan karet kabel yang dimana kawat tersebut dapat dengan mudah aus, sehingga menyebabkan kerusakan. Sedangkan, pada headset bluetooth keausan normal seharusnya tidak berpengaruh, karena headset ini hanya ditancapkan pada telinga dan tidak terkait oleh apapun. Sehingga, asal Anda merawatnya dengan baik, maka headset ini akan baik-baik saja.

  • Perhatikan masa pakai baterainya

Terakhir, yang perlu Anda perhatikan juga sebelum Anda membeli headset bluetooth adalah masa pakai baterainya. Tentu tidak menyenangkan apabila baterai headset Anda tiba-tiba habis ketika Anda slot luar negeri sedang asik-asiknya mendengarkan musik. Sehingga, agar hal yang sama tidak terulang, Anda perlu memilih masa pakai baterai dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Pilihlah stabilitas bluetooth yang bagus

Pemutusan sambungan sering terjadi pada headset bluetooth dengan stabilitas yang buruk. Jika Anda ingin meningkatkan stabilitas dan mengurangi latensi lebih lanjut, Anda harus menggunakan teknologi bluetooth yang lebih kuat di headset Anda.Headset nirkabel yang berkualitas, dilengkapi dengan teknologi bluetooth 4.2 atau bluetooth 5.0 yang mampu meminimalisir terjadinya delay. Bluetooth 5.0 sendiri memiliki tingkat transmisi 2 kali lebih cepat dari versi bluetooth 4.2.

  • Perhatikan kualitas suaranya

Kualitas audio menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli headset bluetooth.Karena, setiap produk headset bluetooth memiliki jenis suara yang berbeda-beda. Headset yang bagus, pasti memiliki kualitas suara yang jernih, tajam, dan enak untuk didengarkan. Menurut mode pengkodean audio saat ini, tingkat output kualitas audio dari rendah ke tinggi yaitu SBC, AAC, aptX, HWA, dan LDAC. Diantara semuanya, SBC dan AAC adalah format pengkodean yang paling banyak digunakan.