Fungsi Teknologi Informasi

Fungsi Teknologi Informasi

Fungsi Teknologi Informasi

Tentunya adanya teknologi informasi memiliki fungsi penting. Tidak mungkin bahwa dengan adanya teknologi informasi tidak berpengaruh penting dalam kehidupan. Setidaknya terdapat enam fungsi teknologi informasi yaitu Menangkap (Capture), Menyimpan (Storage), Mengolah (Processing), Transmisi (Transmission), Mencari Kembali (Retrieval), Menghasilkan (Generating). Berikut ini terdapat penjabaran dari keenam fungsi teknologi informasi adalah :

  • Menangkap (Capture)

    Menangkap disini dapat diartikan sebagai menginput. Misalnya, menerima inputan dari mic, keyboard, scanner, dan lain sebagainya. Fitur Capturing mungkin juga sudah tidak asing ketika Anda memakainya untuk menyimpan informasi tertentu.

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pengolah (Processing)

    Fungsi teknologi informasi ini mengkompilasikan catatan rinci aktivitas, misalnya menerima input dari keyboard, scanner, mic dan sebagainya. Dengan adanya Processing Anda akan lebih mudah mengolah file maupun data Anda.

  • Mengolah atau memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi.

    Pengolahan atau pemrosesan data dapat berupa konversi (pengubahan data ke bentuk lain), analisis (analisis kondisi), perhitungan (kalkulasi), sintesis (penggabungan) segala bentuk data dan informasi. Dengan Adanya Fungsi ini pasti akan lebih memudahkan User

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Menghasilkan (Generating)

    Fungsi generating adalah dimana teknologi berperan sebagai alat untuk mengorganisasikan suatu informasi ke dalam sebuah bentuk yang lebih terarah dan mudah dipahami. slot bonus 100 to 3x  Contoh sederhananya adalah grafik dan table.

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Penyimpan (storage)

    Fungsi teknologi informasi ini merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya saja disimpan ke harddisk, tape, disket, CD (compact disc) dan sebagainya.

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pencari Kembali (Retrieval)

    Fungsi teknologi informasi ini menelusuri, mendapatkan kembali informasi atau menyalin data dan informasi yang sudah tersimpan, misalnya mencari supplier yang sudah lunas dan sebagainya. Adakalanya data yang tersimpan sulit untuk ditemukan karena terlalu penuh dengan adanya fungsi ini dapat memudahkan user serta menghemat waktu juga.

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Transmisi (Transmission)

    Fungsi teknologi informasi ini mengirim data dan informasi dari suatu lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalnya saja mengirimkan data penjualan dari user A ke user lainnya. Sehingga kita tidak perlu menyalin satu persatu cukup dengan saling sharing saja.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan Teknologi Informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Jadi dapat dikatakan karena dibutuhkannya pemecahan masalah, membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan diciptakannya teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan kata lain, karena sangat solusi, kreativitas, efektivitas dan efisiensi dibutuhkan dalam sebuah sistem kerja maka teknologi informasi ini kemudian diciptakan.

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat teknologi informasi dalam aktivitas sehari-hari sangat penting. Manfaat ini bisa digunakan sebagai penunjang kehidupan yang lebih baik dikarenakan ada teknologi informasi yang bisa membantu aktivitas menjadi lebih efektif dan efisien. Manfaat ini dapat digolongkan berdasarkan kebutuhannya seperti :

 

  • Untuk Pendidikan

    Dengan adanya teknologi informasi di dunia pendidikan terutama komputer, membuat siswa lebih efektif dalam belajar. Komputer adalah sarana yang memudahkan dalam menumbuhkan kreativitas siswa Sekaligus sumber informasi.

  • Untuk Industri dan Manufaktur

    Teknologi informasi dapat membantu membuat rancangan desain sebuah produk yang akan dikeluarkan pada industri serta bisa mengontrol mesin produksi dengan ketepatan yang baik. Apalagi seperti yang kita ketahui industri membutuhkan hal yang cepat untuk produksi dalam jumlah besar.

  • Untuk Bisnis dan Perbankan

    Dengan teknologi informasi bisa membantu dalam transaksi, menyimpan berkas dengan lebih aman dan sistem perbankan yang lebih maju. Serta akses nya dapat dikontrol dengan mudah cukup dengan teknologi saja.

  • Untuk Militer

    Dengan teknologi informasi yang maju, bisa dimanfaatkan untuk navigasi pada kapal selam, mengendalikan pesawat luar angkasa dengan kemudi atau tanpa kemudi. Dengan adanya teknologi Militer juga dapat membuat suatu akses ketika berada dikeadaan genting.

  • Untuk Teknik dan Pengetahuan

    Teknologi informasi bisa digunakan dalam mempelajari struktur tanah, angin dan juga cuaca. Dan bisa membantu dalam menghitung. Saat ini akses ilmu pengetahuan pun bertebaran dimana-mana dan dapat di akses dengan mudah cukup dengan jaringan internet. Begitupun dalam bidang Teknik dan proyek-proyek tertentu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

3 Jenis Pemanggang Roti dengan Perkembangan Teknologi

3 Jenis Pemanggang Roti dengan Perkembangan Teknologi3 Jenis Pemanggang Roti dengan Perkembangan Teknologi

3 Jenis Pemanggang Roti dengan Perkembangan Teknologi

3 Jenis Pemanggang Roti dengan Perkembangan Teknologi – Pemanggang roti terbaik yang akan kita bahas kali ini bisa memberikanmu sedikit bantuan untuk mempersiapkan sarapan dengan cepat dan mudah.Toaster atau pemanggang roti memang merupakan alat yang sangat praktis untuk membuat roti, dan tentunya menjadi peralatan dapur yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga.

Akan tetapi, saat ini pastinya sudah terdapat begitu banyak jenis-jenis toaster yang bisa kamu temukan joker123 di pasaran, sehingga terkadang kamu bingung dalam memilih yang sekiranya memiliki kualitas terbaik dengan fitur-fitur yang mumpuni. Oleh karena itu, untuk bisa sedikit membantumu dalam memilih pemanggang roti dengan kualitas yang baik, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa rekomendasi pemanggang roti terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan.

3 Jenis Pemanggang Roti dengan Perkembangan Teknologi

Philips Daily Collection Toast

Brand Philips memang sudah dikenal mengeluarkan produk elektronik dengan kualitas yang mumpuni, salah satunya seperti Philips Daily Collection Toast ini.Memiliki tempat pemanas yang lebih luas dibandingkan pemanggang roti lainnya, membuat alat ini mampu menghasilkan warna coklat yang sempurna pada roti. https://smp-ppdbsidoarjo.net/

Tak hanya itu, nampan untuk menampung remah rotinya pun juga mudah dilepas lho, sehingga kamu tak perlu repot untuk membersihkannya.Agar lebih rapi ketika disimpan, di bagian bawah toaster juga terdapat tempat penyimpanan kabel.Memiliki 2 slot roti dan dilengkapi dengan fitur defrost dan kontrol suhu, kamu bisa mendapatkan pemanggang roti terbaik ini dengan harga Rp339.000.

Delonghi 4 Slice Toaster CTO 4003

Jika kamu memiliki anggota keluarga yang cukup banyak namun tetap ingin menghemat waktu ketika membuat sarapan, maka pemanggang roti terbaik satu ini layak untuk dijadikan sebagai pilihan.Terbuat dari bahan stainless steel berkualitas, pemanggang roti ini juga dilengkapi dengan desain yang unik serta pilihan warna yang menarik lho.

Tak hanya itu, terdapat pula 4 slot roti untuk memanggang, yang membuat pembuatan roti menjadi lebih menghemat waktu.Bahkan, penggunaan listriknya pun juga tergolong hemat apabila dibandingkan slot deposit qris dengang pemanggang rot pada umumnya.Hanya saja, pemanggang roti ini juga dibanderol dengan harga yang cukup mengurang kantong, yakni mulai dari Rp1,8 juta. Akan tetapi, akan sangat setimpal dengan fitur-fitur yang ditawarkannya.

Russell Hobbs Legacy Toaster Stainless Steel

Tidak hanya bisa digunakan untuk memanggang roti tawar, pemanggang roti terbaik satu ini bahkan juga bisa digunakan untuk hanya sekedar menghangatkan roti.Ditambah lagi dengan rak tambahan yang cukup lebar, sehingga memungkinkan kamu untuk bisa memanaskan roti seperti bun atau croissant yang memiliki ukuran besar.

Tak hanya itu, produk keluaran dari brand Russell Hobbs ini juga turut dilengkapi dengan tiga tombol fitur, yaitu cancel, defrost, dan reheat, yang membuat roti tidak akan gosong apabila dipanaskan.

Apabila kamu termasuk orang yang senang mengkonsumsi berbagai jenis roti untuk sarapan, maka Russell Hobbs Legacy Toaster Stainless Steel akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai pertimbangan.Akan tetapi, pemanggang roti ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu sebesar Rp1,3 juta. Meski begitu, fitur-fitur yang ditawarkan memang tidak bisa diremehkan begitu saja.

Siapakah Penemu Printer Pertama Kali?

Siapakah Penemu Printer Pertama Kali?Siapakah Penemu Printer Pertama Kali?

Printer adalah salah satu alat percetakan yang sering kita jumpai di kantor-kantor atau instansi. Dengan adanya printer maka kita bisa mencetak teks ke bentuk dokumen dengan mudah, bahkan saat ini kita juga bisa mencetak foto dan gambar berwarna menggunakan printer. Bagaimana printer yang saat ini kita jumpai bisa dibuat dengan bagus, apakah dulu printer juga seperti sekarang ini?

Tokoh penemu printer pertama kali

Sejarah perkembangan mesin printer dimulai sejak tahun 1950 dimana saat itu banyak orang Eropa yang menginginkan produksi dokumen tertulis dengan mudah dan cepat saat bermain slot online. Dan yang pertama kali menemukan teknologi printer adalah Johannes Gutenberg. Gutenberg adalah seorang pengusaha dari Mainz Jerman yang lahir pada tanggal 3 Februari 1468 silam yang mengembangkan teknologi mesin cetak printer pertama kali di dunia.

Penemuan mesin cetak printer tersebut merupakan penemuan yang sangat penting. Printer saat ini telah mengalami banyak perkembangan hingga sekarang Anda bisa membelinya dengan berbagai jenis sesuai kebutuhan. Untuk menghasilkan printer yang sangat bagus, memang banyak proses yang dilalui dengan sejarah perkembangan mesin printer dari waktu ke waktu.

Sejarah perkembangan mesin printer Dot Matrix

Pada tahun 1957, IBM mengeluarkan printer dengan nama Dot Matrix. Printer ini adalah printer yang sangat mudah diketahui dan terkenal dengan suaranya yang cukup keras. Cetakan yang dihasilkan oleh printer ini adalah titik-titik yang berhubungan satu sama lain. Printer Dot Matrix hanya memiliki satu cartridge saja dengan warna hitam.

Printer Dot Matrix yang dibuat pada tahun 1957 bisa digunakan untuk mencetak double kertas menggunakan karbon. Mesin printer ini bisa digunakan untuk mencetak kertas tanpa terputus dan juga tinta yang digunakan adalah waterproof. Setelah beberapa tahun kemudian pada tahun 1976, berkembanglah printer yang dinamakan printer inkjet.

Printer satu ini baru bisa digunakan masyarakat pada tahun 1988. Pinter inkjet ini bekerja dengan cara meletakkan tetesan tinta yang kecil pada kertas agar menghasilkan tulisan atau gamar. Titik-titik yang dihasilkan oleh printer ini sekitar 50 hingga 60 mikron. Titik-titik ini sangat kecil bahkan lebih kecil dibandingkan dengan ukuran diameter rambut.

Sejarah perkembangan mesin printer inkjet

Printer inkjet adalah printer yang dijual dengan harga cukup terjangkau, warna yang dihasilkan oleh printer ini memiliki resolusi yang sangat tinggi. Dengan menggunakan printer ini maka gambar atau tulisan yang dihasilkan lebih nyata. Inkjet printer pertamakali diperkenalkan pada tahun 1984. Printer ini juga sebagai printer yang menggantikan printer Dot Matrix yang sudah ketinggalan jaman.

Dan pada tahun 1990 printer mulai diproduksi secara besar-besaran yang dimotori oleh pabrikan elektronik. Jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.

Sejarah perkembangan mesin printer laserjet

Printer laserjet adalah printer yang menggunakan komponen utama berupa photoreceptor. Komponen berupa photoreceptor ini merupakan drum yang bisa berputar dan terdiri dari photoconductive yag telah dipotong-potong. Saat drum berputar maka printer mengeluarkan sinar laser di semua permukaan agar bisa melepaskan bagian-bagian tertentu. Laser tersebut kemudian menarik huruf maupun gambar yang ingin dicetak menjadi pola yang menggunakan muatan listrik.

Pinter laserjet sebagai sejarah perkembangan mesin printer yang masih tergolong baru memiliki keunggulan diantaranya memiliki kemampuan cetak yang jauh lebih tinggi dibandingkan printer sebelumnya. Kemampuan cetak printer laserjet minimal bisa mencetak 10 lembar kerta tiap menitnya. Printer ini juga memberikan hasil cetak yang cepat kering dan Anda bisa meminimalkan biaya cetak. Sayangnya harga printer laserjet jauh lebih mahal dibandingkan dengan printer lainnya.

Printer juga menjadi perlatan wajib untuk perkantoran, kantor percetakan, jasa print dokumen, maupun di sekolah dan universitas untuk bisa digunakan mencetak dokumen dokumen penting. Setelah sejarah perkembangan mesin printer berkembang sangat pesat, banyak bermunculan macam macam jenis printer baru selain jenis jenis printer diatas, saat ini ada beberapa macam macam jenis printer yang biasa dan umum digunakan sampai sekarang yakni Printer All In One, Printer ID Card, Printer POS, Printer Photo, Printer Laser Mono, Printer Laser Color dan Printer Label.

Tips Menggunakan Illustrator

Tips Menggunakan IllustratorTips Menggunakan Illustrator

Tips Menggunakan Illustrator – Adobe Illustrator adalah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk membuat gambar, ilustrasi, dan karya seni menggunakan komputer Windows atau MacOS. Adobe Illustrator   awalnya dirilis pada tahun 1987 dan terus diperbarui secara berkala. Sekarang, software tersebut disertakan sebagai bagian dari Adobe Creative Cloud. Adobe Illustrator banyak digunakan oleh desainer grafis, desainer web, seniman visual, dan ilustrator profesional di seluruh dunia untuk membuat karya seni berkualitas tinggi. Illustrator menyediakan banyak alat menggambar canggih yang dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat ilustrasi.

Siapa pun, terlepas dari kemampuan artistik atau komputernya, dapat menggunakan Illustrator untuk menggambar bentuk dan garis, membuat teks, atau mengimpor grafik dan gambar.Fungsi Adobe Illustratorbisa untuk melakukan tata letak sebuah buku, membuat halaman web, dan masih banyak lagi.

Tips Menggunakan Illustrator

Kuasai Bezier Tool

Salah satu alat yang paling sering digunakan ketika Anda menggunakan Adobe Illustrator adalah Bezier Tool. Alat ini mirip dengan pensil dan digunakan untuk membuat bentuk, menggambar garis, dan membuat fondasi karya ilustrator.

Alat ini juga yang sering menjadi hambatan bagi para desainer, terutama bagi mereka yang baru menggunakan Illustrator. Tapi percayalah, dengan mempelajari cara mengontrol Bezier Tool, akan sangat membantu dalam perjalanan Anda untuk menguasai software ini.

Pelajari Shortcuts

Ada ratusan shortcuts yang ada di Adobe Illustrator, banyak di antaranya akan menghemat waktu Anda dan menjadikan proses pembuatannya jadi jauh lebih menyenangkan. Dilansir dari qualitylogoproducts.com, shortcuts ini biasanya digunakan sebagai cara untuk mempercepat proses, tetapi yang lebih penting lagi, shortcuts tersebut membuka kemampuan tersembunyi dari alat program.

Fitur Align

Alat Illustrator’s Align adalah seperangkat perintah khusus yang berguna untuk membantu Anda menyesuaikan karya seni Anda. Ini bisa sangat membantu ketika bekerja dalam tata letak yang sudah ada sebelumnya atau ketika Anda membutuhkan jarak yang tepat dan merata dalam proyek Anda yang sudah selesai. Saat mengakses alat Align, Anda dapat menemukannya di menu drop down Window sebagai “Align.” Ini akan membuka bilah alat dengan serangkaian perintah bergambar yang dapat Anda gunakan untuk menyelaraskan objek dan mendistribusikan objek.

Cara Export

Ketika Anda baru saja menyelesaikan sebuah karya dan ingin menyimpannya, beberapa orang mungkin akan memanfaatkan Illustrator Photoshop untuk melakukannya. Padahal, ada cara yang lebih baik untuk mengekspor hasil karya Anda di Adobe Illustrator untuk mempertahankan kualitasnya.